MOTIVASI

Dr. Indra Kusumah

MOTIVASI

Keajaiban adalah kata yang tak hanya berada dalam cita sang juara sejati, tapi sebuah kenyataan yang mampu mereka ciptakan dalam sejarah kemanusiaan. Keberhasilan mengagumkan, kesuksesan fantastik, prestasi monumental serta karya-karya besar yang menyejarah menjadi bukti bahwa mereka tak hanya menunggu keajaiban, namun mereka menciptakan keajaiban-keajaiban tersebut.Apa rahasia utama yang membantu Sang Juara dalam mencapai keberhasilan, mengatasi masalah, mencapai sasaran-sasaran dan mencipta keajaiban?.

9k=

“Motivasi adalah kunci untuk mendapatkan kehidupan yang berhasil!”, Demikian kata George Shinn yang juga telah membuktikan kata-katanya dengan menjadi orang termuda (dalam usia tiga puluh empat tahun) memenangkan penghargaan Horatio Alger yang sangat didambakan banyak orang. Kini ia seorang milyarder atas usaha sendiri dan memiliki sekitar tiga puluh perusahaan diberbagai bidang usaha.

Reza “Supertrainer” Syarief menyatakan, “Motivasi memang bukan segala-galanya, tapi segala-galanya ditentukan oleh motivasi!”.

Tak sekedar kata, diapun telah membuktikannya dengan berbagai kesuksesan menjadi seorang pilot, sales manager kelas dunia, trainer ulung, da’i kharismatik dan sebagainya.

Perhatikan dan dekatilah para juara sejati yang sukses di sekeliling Anda! Niscaya Anda merasakan aura motivasi yang besar, kemauan yang menggelora dan semangat yang senantiasa bertalu-talu dalam dada mereka. Semua itu menjadikan Sang Juara memiliki daya tahan mengagumkan untuk senantiasa konsisten, persisten dan resisten dalam perjuangan di tengah tekanan, ancaman, tribulasi serta kondisi kritis sekalipun.

Motivasi menjadi energi pendorong yang mengarahkan tingkah laku seseorang. Tanpa motivasi, seseorang tak kan mampu bergerak, bahkan sekedar mengangkat selembar kertas. Namun, dengan motivasi, seseorang mampu memindah gunung, menembus langit, membelah bumi dan mengubah arah peradaban manusia. Tingkat keberhasilan dalam mencapai semua itu berbanding lurus dengan kualitas serta kuantitas motivasi dalam ruang kepribadiannya.

Membangun, memelihara serta menumbuhkembangkan motivasi merupakan keterampilan jiwa sang juara sejati. Ia memahami betul kondisi motivasi dan reaksi-reaksi kejiwaan yang berkaitan dengannya. Keterampilan jiwa inilah yang menjadikannya tidak hanya layak dianugerahi keajaiban, tapi juga mampu menciptakan keajaiban demi keajaiban dalam kehidupannya.


Pokok-Pokok Motivasi

BS Wibowo dalam bukunya SHOOT (Sharpening Our Concept and Tools) menjelaskan bahwa ada pokok-pokok motivasi yang harus dipahami dan dipraktikkan oleh Sang Juara, yaitu:

1. Kita harus termotivasi untuk dapat memotivasi

Jiwa dan kepribadian anda harus kuat. Iman anda harus mapan. Sifat ikhlas harus menjadi prinsip. Jiwa sabar harus menjadi bekal.

Hukum alam mengatakan, bahwa perpindahan ektron itu dari yang banyak ke yang sedikit. Jangan terbalik. Kalau anda ingin memotivasi orang lain, maka anda harus  termotivasi terlebih dahulu.

2. Motivasi memerlukan Sasaran

Anda tidak akan termotivasi jika tidak memiliki sasaran. Bila anda tidak memiliki sasaran , maka anda tidak akan sampai di manapun, anda hanya akan menghamburkan energi.

Kalau anda memiliki sasaran terlalu banyak banyak, maka anda menghamburkan energi dan tidak sampai  dengan baik (tidak mendapatkan apapun).

Jika anda memiliki sasaran jauh dari jangkauan, maka anda akan frustasi dan tidak mendapatkan apapun.

Bila anda memilih sasaran di bawah kemampuan, anda menjadi bosan dan tak mendapatkan apapun.

Kalau anda memilih sasaran dalam jangka waktu terlalu panjang (dan jiwa tidak siap), maka anda hanya menunda-nunda dan tidak mendapatkan apapun.

Jika anda memiliki sasaran dalam jangka waktu terlalu pendek (padahal anda mampu), maka anda hanya akan berkelok-kelok dan tidak tentu arah.

3. Motivasi tidaklah menjadi sesuatu yang abadi, dia harus diciptakan dan diperbaharui

Motivasi anda memiliki dinamika yang alamiah, bagaikan kehidupan yang silih berganti musim dan cuaca, itulah kontras kehidupan. Motivasi anda kadang-kadang semangat dan kadang-kadang turun. Terus ciptakan dan perbaharui motivasi diri, agar anda meraih kemanangan selalu.

4. Motivasi memerlukan Pengharagaan Anak kecil menginginkan gula-gula. Anak remaja menginginkan kebebasan dalam menentukan diri. Orang yang matang seksual dan jiwanya memerlukan pasangan hidup. Orang tua menginginkan putra-putrinya sukses. Orang mengharap masuk syurga .

Semua manusia mengharapkan penghargaan atas apa yang dikerjakan. Nabi menyeru dengan peringatan dan kabar gembira.
5. Berpartisipasi dalam kelompok dapat  menggugah motivasi

Bayangkan, anda yang tidak biasa olah raga dan jalan pada siang bolong panas atau hujan deras, dengan kondisi tersebut anda  disuruh berjalan seorang diri berjarak 8 km. Mampukah anda? Tetapi jika dalam pekerjaan itu anda lakukan dalam kelompok, bersama dengan kawan-kawan, ada tujuan  dan sasaran yang jelas, maka motivasi kerja anda  akan menjadi lain. Dalam kelompok terdapat motivasi. Naluri anda hidup dalam kelompok, berjamaah.

6. Kemajuan diri dan prestasi diri dapat memotivasi

Saya bertanya kepada seorang bijak, “Wahai tuan apakah yang menjadi rahasia anda sehingga anda selalu bertemu dengan saya dalam kondisi yang selalu semangat?”, jawab beliau, “Selalu memberikan nasehat kepada orang lain. Kenanglah, tuliskan  tentang kesuksesan masa lalu anda, maka anda akan terus bersemangat dan tergugah. Cita-cita yang tertulis juga akan menggugah motivasi.

7. Tantangan dapat menjadi motivasi hanya jika ada peluang untuk menang

kenapa orang mau memberikan  segala sesuatu dalam beribadah untuk Tuhan-nya. Janji  Allah SWT adalah benar, Dia akan menjanjikan syurga dan neraka, itulah  sebabnya mereka mau bekerja keras.

Berfikirlah positif, apa yang anda gagas akan dapat tercapai. Berfikirlah visioner, sehingga anda mampu menembus jangkauan pemikiran jauh kedepan. Jika jiwa anda tertanam pepatah “pungguk merindukan bulan”, maka anda akan gagal terus. 

8. Semua orang mempunyai sumbu pemicu motivasi. Temukan Sumbu Pemicu Anda!

Temukan pemicu yang khas untuk membangkitkan semangat hidup anda. Perenungan, menangis, muhasabah, meditasi, membaca kitab suci, bergaul dengan orang-orang sholeh, mengingat kematian, kerja keras adalah model-model orang untuk memicu semangat.

9. Kesabaran diri dan panggilan nurani dalam bekerja atau  bergabung dalam kelompok dapat memotivasi

Kebenaran sejati ada di dada anda. Tuhan lebih mengetahui apa yang di dada manusia. Panggilan nurani menjadi  sumber kekuatan yang maha besar untuk mengerakkan anda dari bangun tidur. Kaki anda bergerak karena anda mau menggerakkan, keringat anda bercucuran  karena anda bekerja keras. Semua sumbernya ada di dada anda.

Jika Anda telah memahami urgensi motivasi, memahami pokok-pokonya dan siap menumbuhkembangkannya, berarti Anda telah memutuskan untuk menjadi seorang juara sejati pencipta keajaiban.  

Selamat bergabung dengan kafilah para juara sejati!


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar